APA ITU DA BEI SHUI (大悲水)


apa itu DA BEI SHUI (大悲水)

Air Suci (Da Bei Shui)
-  air yang telah dipersembahkan kepada Guan Shi Yin Pu Sa, disebut air suci (Da Bei Shui), karena sudah diberkahi oleh Guan Shi Yin Pu Sa, tetapi kita sebagai orang awam tidak bisa mengandalkan pelafalan paritta untuk memberkahi air biasa menjadi air suci.

-  Boleh mempersembahkan air hangat, air dingin, air mineral, air bersih dan lain-lain, air minum yang tidak ben/varna, tidak ada rasa, jangan menggunakan air mentah langsung dari keran atau air ledeng.

-  gelas yang digunakan untuk mempersembahkan air, harus menggunakan gelas yang baru; gelas kaca atau keramik juga bisa digunakan; ada atau tidaknya tutup gelas tidak dipermasalahkan, namun sebaiknya menggunakan gelas yang ada tutupnya, untuk menghindari debu atau serangga yang mengotori; gelas sebaiknya berwarna putih dan tanpa adanya tulisan apapun, jika ada mantra Da Bei Zhou masih diperbolehkan, tetapi jangan ada tulisan sutra Xin Jing, dan juga jangan ada gambar Buddha atau nama/julukan Buddha, dan juga jangan ada gambar binatang

- umumnya jumlah gelas untuk mempersembahkan air minimal harus sama dengan jumlah rupang Buddha yang ada di altar, boleh juga satu rupang Buddha ada beberapa gelas air, tetapi jumlah gelas air tidak boleh kurang dari jumlah rupang Buddha di altar. Gelas jangan terlalu besar, dan juga tidak boleh menggunakan gelas air mineral kemasan botol. Jika menggunakan gelas air mineral kemasan botol untuk menggantikan gelas untuk dipersembahkan, adalah tidak hormat.
Umumnya pada saat mempersembahkan dengan gelas, maka kita tidak mempersembahkan lagi air mineral kemasan botol.

-  air suci (Da Bei Shui) yang ada di altar tidak boleh diminum secara langsung, harus dituangkan ke gelas yang lain, baru diminum, tidak boleh menggunakan mulut kita untuk menyentuh gelas Buddha. Umumnya harus dengan hormat menggunakan kedua tangan untuk mengangkat gelas lebih tinggi daripada alis mata, muka menghadap ke Buddha, diangkat lebih tinggi dari alis mata, secara perlahan mengucapkan: “mohon kepada Guan Shi Yin Pu Sa yang welas asih untuk melindungi saya XXX, agar sehat walafiat”, pada saat yang sama pula dalam hati membayangkan botol air suci dari Guan Shi Yin Pu Sa menuang dari kepala anda secara perlahan mengalir ke seluruh tubuh anda.

-  Setelah selesai, air dalam gelas persembahan tersebut kita tuangkan ke tempat atau wadah lainnya, dengan hormat kita minum air SUCI tersebut. Efeknya lebih bagus jikalau sebelum minum bisa melafalkan mantra Da Bei Zhou 1 kali, dengan meletakkan telapak tangan di atas gelas tanpa menyentuh gelasnya.

-  air suci yang telah dipersembahkan kepada Guan Shi Yin Pu Sa, jika terlalu dingin, tidak boleh langsung dipanaskan atau dimasukkan ke dalam microwave untuk dipanaskan, bisa memanaskannnya dengan cara memasukkan ke dalam wadah yang berair panas baru diminum (hanya boleh dihangatkan sedikit, tidak boleh sampai mendidih).

-  air suci yang telah dipersembahkan kepada Buddha lainnya, umumnya boleh dibuang, jika ingin meminumnya harus melafalkan mantra Da Bei Zhou satu kali baru diminum. Dan jika ada banyak air yang digunakan untuk dipersembahkan banyak Buddha, jangan dicampurkan jadi satu dan minum, tetapi harus secara terpisah dituangkan ke tempat lain, kemudian baru diminum. Air yang dipersembahkan kepada Guan Shi Yin Pu Sa tidak baik digunakan untuk menyiram bunga.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal usul HEI-BAI WUCHANG (黑白 无常) / Dewa Pencabut Nyawa (TAOISME)

Apa itu " XIAO FANG ZI " (XIN LING FA MEN)